IKUTI LANGKAH BUAT BISNIS ONLINE DAN DAFTAR DI PADI UMKM BAGIAN IV

Dikutip dari niaga hoster, berikut ini Langkah tepat membangun bisnis online terutama di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM yang benar. Yaitu Cari Model Bisnis, Riset Anda tak berhenti di target pelanggan dan produk yang akan dijual di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM. Selanjutnya, Anda perlu memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan. Karena meski Anda menjual produk yang sama, cara menjualnya bisa berbeda-beda.

Skenario lain tak melibatkan penjualan produk fisik. Jika Anda merasa nyaman menjadi blogger dan bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk seperti di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM, maka bisa jadi anda cocok untuk terlibat dalam skema affiliate marketing atau menjadi publisher via Google Adsense. Dengan program afiliasi, Anda akan mendapatkan link atau kode spesifik yang dipakai calon pelanggan untuk berbelanja. Jika calon pelanggan berbelanja lewat link atau menggunakan kode spesifik dari Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari transaksi tersebut. Apapun pilihan model bisnis online Anda di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM, pada akhirnya Anda tetap perlu mempersiapkan hal teknis untuk menjalankan bisnis online. Di bagian selanjutnya, kami akan membahas cara menampilkan bisnis online di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM lewat website dan marketplace.

Tentukan Target Pasar, Riset pasar dan analisis kompetitor yang sudah Anda lakukan di atas menjadi dasar untuk langkah selanjutnya, yaitu menentukan target pasar di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM. Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang Anda buat. Setiap produk punya pasarnya masing-masing terutama di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM.

Kelompokkan target pasar di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM, Setidaknya Anda perlu mengelompokkan target pasar berdasarkan dua faktor utama, yaitu demografi dan psikografi. Di sini Anda memang dituntut untuk memperkirakan siapa calon konsumen Anda, tapi bukan berarti bisa sembarangan. Anda bisa menggunakan data-data yang sudah didapatkan di langkah-langkah sebelumnya untuk menentukan karakteristik umum calon konsumen Anda di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM.

Buat Buyer Persona yang Spesifik di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM, Dengan data di atas, kini saatnya Anda untuk membuat buyer persona. Buyer persona adalah gambaran ideal dari pembeli produk Anda. Biasanya untuk bisa membuat buyer persona dibutuhkan sesi interview dengan beberapa konsumen. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambaran lebih real seperti apa konsumen Anda.  Terdapat dua jenis buyer persona, yaitu buyer persona positif dan negatif. Buyer persona positif adalah orang yang punya kemungkinan besar untuk membeli produk Anda. Di sisi lain, buyer persona negatif adalah kebalikan dari buyer persona positif, mereka tidak ada potensi untuk membeli produk Anda di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM.

Misalnya, brand pakaian high-end seperti Louis Vuitton, Gucci, dan Versace. Buyer persona positif mereka adalah orang dari kalangan ekonomi atas, sedangkan buyer persona negatifnya adalah kalangan ekonomi menengah ke bawah. Dengan membatasi target pasar pada kelompok tertentu, Anda bisa fokus untuk menguasai target pasar tersebut. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah menyusun strategi marketing yang sesuai dengan target pasar di platform digital pengadaan barang pemerintah PaDi UMKM.