Cara Menyambung Pipa PVC  dengan Fitting  yang Rusak dan Bocor

Kebocoran saluran air seringkali diakibatkan karena fitting pipa yang bermasalah, entah itu karena mengalami kerusakan atau adanya kesalahan dalam pemasangan. Terkadang ada juga yang disebabkan karena ada lubang atau cacat material pada pipa itu sendiri. Yang mana semua itu dapat mengakibatkan terjadinya kebocoran pada pipa sehingga air merembes keluar atau ada zat asing yang masuk ke dalam pipa.

Kebocoran pipa juga bisa disebabkan oleh adanya penyumbatan, di mana hal tersebut dapat memberi tekanan pada pipa sehingga membuatnya pecah. Jika sudah pecah dan terjadi kebocoran, maka hal ini akan membuat aliran air terganggu sehingga air yang keluar menjadi kecil atau bahkan mati total. Untuk itu, Anda perlu segera melakukan perbaikan dengan cara menyambungnya untuk menghentikan kebocoran. Untuk jenis pipa PVC, berikut ini cara untuk menyambungkannya:

  1. Pastikan hanya bagian pipa yang rusak atau bocor saja yang diganti. Artinya, bila terjadi kebocoran, maka Anda harus memastikan bagian mana yang mengalami kebocoran, apakah di bagian pipa atau di bagian sambngan. Jangan sampai Anda salah mengira sehingga Anda harus bekerja dua kali untuk memperbaikinya.
  2. Lepaskan pipa yang rusak atau yang menyebabkan kebocoran dari sambungan pipanya, keluarkan dari shaft kemudian ganti dengan pipa yang baru. Anda juga bisa menggunakan kembali pipa bocor tersebut dengan memotong bagian yang dekat dengan titik bocor untuk menghilangkan bagian bocornya.
  3. Potong pada ujung pipa yang satu dan ujung yang lainnya di atas sambungan. Sambung dengan pipa lainnya yang memiliki ukuran diameter sama dengan pipa yang bocor tersebut, sesuaikan dengan panjang pipa yang diganti. Pastikan Anda mengganti pipa yang bocor dengan pipa yang awet dan tahan lama seperti pipa rucika agar saluran pipa air tidak mudah mengalami kebocoran lagi.
  4. Oleskan lem khusus pipa pada bagian dalam dari fitting pipa atau penyambung. Pilihlah lem yang berkualitas serta terbukti kuat dan tahan lama digunakan. Lalu segera tempelkan pipa baru yang memiliki ukuran sama pada kedua ujung pipa yang lama dengan menggunakan dua penyambung.

Itulah beberapa langkah mudah untuk menyambungkan pipa jenis PVC yang mengalami kerusakan atau bocor. Dalam pemasangan sambungan, pastikan fitting pipa dan pipa paralon menempel dengan kuat dan sempurna agar tidak terjadi kebocoran pada bagian tersebut akibat adanya kesalahan dalam pemasangannya.