Ulasan Seputar Penyebab, Pemilik Resiko Tinggi dan Gejala Kanker Serviks Sedari Dini

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakutkan oleh masyarakat saat ini. Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia. Sel yang bermutasi menjadi sel abnormal dan memiliki sifat merusak ini bisa menjangkiti organ manapun sehingga sekarang ini ada banyak jenis kanker yang bisa ditemukan. Salah satu jenis kanker yang paling banyak memakan korban dari para wanita adalah kanker serviks atau kanker mulut Rahim . Kanker ini bukanlah kanker rahim namun sel kanker berada di mulut rahim yang menimbulkan beberapa gejala khas. Anda wanita usia produktif? Saatnya mengetahui apa saja penyebabnya, siapa saja pemilik resiko tinggi terkena kanker ini dan gejala yang bisa ditimbulkan agar bisa mendeteksi dan mengobatinya lebih dini.

Kanker mulut rahim terjadi karena adanya perubahan pada sel mulut rahim menjadi bentuk yang abnormal. Pertumbuhan sel tidak normal ini bisa cepat dan tak terkendali sehingga menjadi bentuk tumor ganas atau kanker yang menyerang mulut rahim. Kanker ini disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus (HPV) dimana dari 100 jenis HPV terdapat 13 jenis yang bisa ditularkan lewat hubungan seksual.

Selain disebabkan oleh infeksi virus HPV, masih belum diketahui secara pasti apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya kanker di mulut rahim tersebut. Namun dari banyak kasus yang terjadi, para ahli kesehatan dan kedokteran sepakat bahwa ada beberapa golongan wanita yang memiliki resiko lebih besar terkena kanker mulut rahim ini yaitu:

  1. Mereka yang sering melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.
  2. Wanita perokok.
  3. Memiliki riwayat penyakit imunosupresi seperti HIV AIDS.
  4. Pernah terkena penyakit seksual menular.
  5. Kurang mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.
  6. Pengguna alat kontrasepsi terutama jenis pil kb dalam waktu yang lama.
  7. Memiliki kelebihan berat badan.
  8. Wanita hamil dan melahirkan lebih dari 3 kali.
  9. Wanita hamil dan melahirkan di usia yang terlalu muda.
  10. Wanita berusia lebih dari 40 tahun.
  11. Wanita yang pernah menggunakan obat anti keguguran.
  12. Wanita dengan keluarga beriwayat kanker mulut rahim.

Jika Anda termasuk dalam wanita beresiko besar terkena kanker serviks seperti yang disebutkan di atas, tak ada salahnya melakukan pencegahan sejak dini dengan cara melakukan test pap smear. Test ini akan mendeteksi ada atau tidaknya sel kanker di mulut rahim. Dengan test pap smear, sel kanker stadium dini sudah bisa terdeteksi sehingga Anda bisa melakukan pengobatan dengan lebih mudah dan cepat.

Sedangkan untuk gejala dari kanker mulut rahim di stadium awal sendiri tidak terlalu signifikan sehingga tidak mudah dikenali oleh orang awam. Namun di stadium lanjutan, ada beberapa gejala yang mulai sering timbul seperti:

  • Pendarahan diluar masa menstruasi.
  • Keputihan yang tidak normal.
  • Nyeri di bagian pinggul bawah.
  • Terjadi pendarahan saat melakukan hubungan suami istri.
  • Salah satu kaki bengkak.
  • Terjadi penurunan berat badan.

Itulah penyebab kanker serviks beserta mereka yang beresiko tinggi terkena kanker mulut rahim dan gejala yang bisa ditimbulkan. Tak ada salahnya bagi semua wanita baik yang memiliki resiko tinggi atau tidak untuk melakukan test pap smear 6 bulan sekali untuk mendeteksi terjadinya sel kanker lebih dini. Dengan deteksi yang cepat, Anda bisa mengobati sel kanker dengan lebih mudah.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *